PERBANYAK AMAL

Masuk surga : antara Rahmat dan Amal perbuatan

Seseorang akan masuk surga tidak lain hanya karena Rahmat Allah

Rasulullah saw bersabda, “Amal perbuatan sesorang tidak pernah bisa memasukkan dia ke surga.”Para sahabat bertanya,”Tidak juga engkau, “Wahai Rasulullah? Rasulullah menjawab tidak juga aku, hanya saja Allah memberikan Rahmat-Nya kepadaku

Seorang masuk surga bukan karena amalnya tetapi karena rahmat Allah Ta’ala. Karena itu bertindaklah yang lurus (baik dan benar). (HR. Muslim)

Yang perlu dingat disini, bahwa rahmat Allah diberikan dengan beberapa syarat dan sebab. Untuk itu bagi seorang muslim wajib untuk senantiasa mengharapkan rahmat Allah dan mempersiapkan diri untuk mendapatkan rahmat-Nya. Allah berfirman

Berikanlah kepada kami kebaikan di dunia ini dan di akhirat. Sungguh Kami telah diberi petunjuk untuk bertaubat. Sungguh kami telah diberi petunjuk untuk bertaubatp keada-Mu. Allah berfirman: “Siksa-Ku akan Kutimpakan kepada siapa yang Aku kehendaki karena dosa-dosanya dan rahmat-Ku mecakui segala sesuatu. Aku akan menetakan rahmat itu untuk mereka yang melaksanakan shalat (bertakwa) dan menunaikan zakat dan orang-orang yang beriman kepada ayat-ayat Kami.” Kami turunkan rahmat keada para pengikut Muhammad Rasul ALlah, Nabi yang buta huruf. Para pendeta Yahudi dan Nasrani yang telah mengenal Muhammad. Rasul Allah ini manusia berbuat kebajikan dan kemungkaran, menghalalkan hal-hal yang baik dan mengharamka hal-hal yang buruk, serta meleaskan manusia dari hukum-hukum terdahulu yang memberatkan mereka. Para pengikut Nabi yang buta huruf ini beriman kepada Muhammad dan mengukuti Al-Qur’an yang diturunkan keadanya. Mereka itulah orang-orang yang beruntung (al-A’raf [7] : 156-157)

Para malaikat yang memikul Arsy dan semua malaikat yang ada disekitarnya bertasbih memuji Tuhan mereka. Mereka senantiasa beriman kepada-Nya. Para malaikat memohonkan ampun bagi orang-orang beriman. Para malaikat berdoa; “Wahai Tuhan kami, sesungguhnya rahmat dan ilmu-Mu meliputi semua makhluk. Karena itu, ampunilah orang-orang yang bertaubat dan mengikuti agama-Mu. Jauhkanlah orang-orang beriman dari adzab neraka Jahim (al-Mukmin [40]: 7)

Sesungguhnya orang-orang yang beriman, orang-orang yang berhijrah dan berjihad di jalan Allah, mereka itu mengharapkan rahmat Allah, dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (al-Baqarh [2]:218)

Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan, sebahagian mereka (adalah) menjadi penolong bagi sebahagian yang lain. Mereka menyuruh (mengerjakan) yang ma’ruf, mencegah dari yang munkar, mendirikan shalat, menunaikan zakat dan mereka taat pada Allah dan Rasul-Nya. Mereka itu akan diberi rahmat oleh Allah; sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (at-Taubah [9];71)

Sebagian orang Arab Baduai ada yang beriman keada Allah dan hari akhirat. Mereka beranggapan bahwa harta yang didermakan itu sebgai usaha mendekatkan diri kepada Allah dan untuk memperoleh doa Rasul-Nya. Wahai Muhammad, ketahuilah bahwa perbuatan itu adalah usaha mereka mendekatkan diri kepada ALlah. Ada hari kiamat kelak, Allah akan memasukkan mereka ke dalam surga-Nya. Sungguh ALlah Maha pengamun lagi Maha penyayang kepada semua makhluk-Nya. (at-Taubah [9];99)

Al-Quran ini adalah sebuah kitab yang sanagat besar barakahnya, yang Kami turunkan kepada manusia. Wahai manusia, ikutilah Al-Qur’an ini dan taatilah supaya kalian diberi rahmat. (al-An’am [60]: 155)

Dan apabila dibacakan Al Quran, maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat (al-A’raf [7] : 204)

Wahai Muhammad, apakah sama orang yang bangun malam hari untuk melakukah shalat tahajud dan takut kepada hari akhirat dengan orang yang kafir? Wahai Muhammad, katakanlah : “Apakah sama orang yang berilmu dengan orang yang tidak berilmu? Sungguh hanyalah orang yang memunyai akal sehat yang mau ingat kepada peringatan Allah (az-Zumar [39] : 9)

Inilah yang di pahami oleh para ulama besar seperti imam al gozali, beliau menuturkan, Kesaksian amal perbuatan sangatlah banyak sampai tak terhitung. Meskipun seorang hamba masuk surga dikarenakan karunia dan anugerah Allah, tapi setelah memersiapakan diri dengan cara taat dan beribadah. Karena rahmat Allah teramat dekat bagi ornag-orang yang berbuat baik.

Beliau mengatakan juga, “Orang yang mengharap rahmat Allah, sementara ia tidak meyakininya atau meyakini tapi tidak beramal saleh, atau beramal saleh tetapi tidak meninggalkan maksiat, maka ia adalah orang yang terjerumus dalam kesesatan.

Ma’ruf al-Karkhi pernah mengatakan, “Harapanmu akan rahmat dari Zat yang tidak engkau taati perintah-Nya adalah kebodohan dan kedunguan.

Perlunya amal shaleh sebagai sarana masuk surga

Orang yang berhak mendapkan surga adalah mereka yang telah memenuhi persyaratan tersebut, Allah swt berfirman

itulah surga yang dikaruniakan kepada kalian sebagai pahala atas amal shalih kalian dahulu didunia (az-Zukhruf [43:72)

Dalam al-qur’an dan hadist Nabi banyak dalil yang menerangkan kewajiban bermal sebagai sarana menuju surga. Bahwa kebahagiaan disurga dapat diraih dengan beberapa ersyarat. Orang yang berhak mendapatkan surga adalah mereka yang telah memenuhi persyaratan tersebut. Allah swt berfirman

Itulah surga yang dikaruniakan kepada atas amal shalih kalian dahulu di dunia. (az-Zukrhruf [43] : 72)

Bagi mereka (disediakan) darussalam (syurga) pada sisi Tuhannya dan Dialah Pelindung mereka disebabkan amal-amal saleh yang selalu mereka kerjakan. (al- An’am [6]:127)

Para malaikat berkata kepada enghuni surga : “Silahkan kalian makan dan minum dengan sebang hati. Karena selama hidu di dunia dahulu kalian telah beramaal shalih  (al-Haqqah [69] : 24)

Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada dalam naungan (yang teduh) dan (di sekitar) mata-mata air. Dan (mendapat) buah-buahan dari (macam-macam) yang mereka ingini. (Dikatakan kepada mereka): “Makan dan minumlah kamu dengan enak karena apa yang telah kamu kerjakan.” (al-Mursalat [77] : 41-43)

Setelah Allah menjelaskan kenikmatan yang dijanjikan bagi orang-orang pilihan, Allah swt berfirman

Wahai kaum mukmin, nikmat surga itu merupakan pahala bagi kalian. Semua amal shalih kalian di dunia diberi pahala surga oleh Allah  (al-Insan [76] : 22)

Setelah Allah menuturkan ayat-ayat tentang surga, dilanjutkan dengan yat-ayat yang berisi ujian bagi orang-orang yang telah berbuat baik, sebgaiamana disebutkan dalam firman Allah swt

Dan orang-orang yang beriman dan beramal shalih asti akan Kami sediakan surga bagi mereka. Surga itu berkamar-kamar. Dibawah surga mengalir sungai-sungai. Mereka kekal di dalamnya. Sungguh surga adalah ahala yang sangat baik bagi orang yang bermal shalih, (al-An’kabut [29] : 58)

Orang-orang yang takwa itu mendapatkan pahala berupa pengamunan dari Tuhan mereka dan surga-surga mengalir sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya. Surga itu sebagai pahala yang baik bagi orang-orang yang beramal shalih (ali Imran [3] : 136])

Di surga orang-orang mukmun berkata: “Semua ungkapan uji dan syukur hanyalah berhak ditujukan keada Allah. Allah telah berjanji kepada kami dengan benar. Allah mewariskan bumi kepada kami. Allah menyediakan surga untuk temat tinggal kami sebagaimana yang kami inginkan.” Sungguh amat baik pahala yang diterima oleh orang yang bermal shalih  (az-Zumar [39] : 74)

Allah mengajak dalam firman-Nya

Maka Tuhan orang-orang mukmin mengabulkan permohonan mereka. Allah berfirman : “Sungguh Aku tidak akan menyianyiakan amal siaa un di antra kalian, laki-laki atau perempuan. Kalian semua berasal dari anak Adam. Orang-orang yang berhijrah yang diusir dari kampung halaman mereka, orang-orang yang ditindas karena agamany, orang-orang yang beperang untuk membela Islam lalu terbunuh oleh musuh, pasti Aku akan hauskan dosa-dosa mereka. Pasti akan aku masukkan mereka ke dalam surga-surga yang dibahwahnya mengalir sungai-sungai. Surga adalah ahala dari sisi ALlah bagi orang-orang mukmin. Allah memiliki pahala yang sangat baik (ali Imran [3] : 195)

Setelah menyebutkan nikmat yang dieroleh oleh enghuni surga dan mereka kekal di dalamnya, Allah swt kemudian berfirman

Untuk mendapatkan kehiduan di surga ini setiap orang seharusnya melakukan amal shalih sebanyak-banyaknya. (ash –Shaaffaat [37] : 61)

Kami bersihkan hati orang-orang mukmin dari rasa dengki kepada sesamanya. Mereka kelak masuk surga yang mengalir sungai-sungai di bawahnya. Mereka berkata, “Segala ungkaan uji dan syukur hanyalah berhak ditujukan keada Alah, Tuhan yang telah memberi hidayah Isalam keada kami. Sekiranya kami tidak diberi hidayah oelah ALlah, niscaya kami tidak akan masuk Islam. Telah datang rasul-rasul dari Tuhan kami membawa Islam.” Ara ahli surga diberit thau.’ Inilah surga-surga yang diwariskan keada kalian, karena kalian di dunia dahulu tekun bermal shalih. (al-A’raaf [7]: 43)

 

Yaitu orang-orang yang berhati ikhlas. Ketika nyawa mereka dicabut oleh malaikat, malaikat berkata, “Selamat sejahtera bagi kalian, masuklah kalian ke dalam surga karena amal shalih yang dahulu telah kalian lakukan (an-Nahl [16]: 32)

Wahai Muhammad, kaktakanlah : “Aku hanyalah seorang manusia seperti kalian. Aku diberi wahyu. Sesunguhnya Tuhan kalian hanyalah Tuhan yang Mahaesa. Siaa saja yang mengharakan kegembiraan bertemu dengan Tuhannya, hendaklah dia beramal shalih dan tidak menyekutukan Tuhannya dengan siaa un dalam beribadah keada-Nya (al-Kahfi [18] : 109)

Yaitu surga-surga ‘Adn, yang dibawahnya mengalir sungi-sungai. Mereka kekal di dalamnya. Demikian itulah pahala bagi orang yang memberihkan dirinya dari kekafiran dan dosa-dosa besar. (Thaha [20] : 76)

Tidak seorang un mengetahui rahasia pahala yang menyejukkan mata yang Allah sediakan bagi orang-orang beriman. Pahala itu sebagai balasan atas amal shalih yang telah mereka lakukan di dunia. Samakah balasan amal bagi orang mukmin dengan orang kafir? Tentu tidak sama orang-orang yang beriman dan bermal shalih, akan mendaatkan surga-surga sebgai temat tinggal. Surga sebagai pahala atas semua amal shalih mereka. (as-Sajdah [32] : 17-19,

Orang-orang mukmin adalah enghuni surga, kekal di dalamnya sebgai balasan atas amal shalih yang telah mereka lakukan didunia. (al-Ahqaaf [46] : 14)

Karena amal shalihnya ketika di dunia dahulu diterima oleh Allah. mereka     masuk ke dalam surga yang tinggi (Al-Ghaasiyah 9-10)

Dalam hadist banyak menyebutkan bahwa masuk surga harus di dahului dengan amal perbuatan.

Nabi saw bersabda, “Orang yang takut, maka dia berjalan di malam hari. Orang yang berjalan dimalam hari, aka dia akan samai ke rumah (temat yang dituju). Ketahuilah bahwa dagangan ALlah (teramat) mahal. Ketahuilah bahwa dagangan Allah adalah surga.

Maksudnya orang yang takut hambatan, rintangan dan tindak kejahatan dijalan, maka dia akan melakukan erjalan dimalam hari tidak cukup hanya disiang hari. Apabila dia berbuat demikian, niscaya dia akan samai ktemat tujuan. Begitu ula orang yang takuat akan siksa neraka dan menghara surga, niscaya dia akan melakukan perbuatan. Nabi sangat heran terhadap orang-orang yang mengharap surga, tetai mereka bermalas-malasan dalam berbuat amal kebaikan. Nabi saw bersabda, “Aku tidak melihat perumamaan neraka, dimana orang yang lari darinya malah tidur. Tidak ula perumamaan surga, di mana orang yang mencarinya malah tidur (HR Tirmizi dan Tgabrani)

Ketika berbaiat, Basyir bin al_Khashshiyyah bermaksud mengajukan pembebasan dari kewajiban perang dan sedekah (infaq). Nabi saw bersabda kepadanya, “Tidak ada jihad dan tidak ada sedekah, lantas dengan apa kamu akan masuk surga? Akhirnya Basyir pun berbaiat untuk ikut beperang dan bersedakah.

Rasulullah saw bersabda, “Orang ingin masuk ke surga, maka segeralah berbuat baik. Dan orang yang mengharapkan neraka maka (dia disibukkan) dengan syahwat (HR Baihaqi)

Anas bin  Malik meriwayatkan bahwa Nabi saw bersabda, “Demi Zat, dimana jiwa Muhammad yang berada di tangan-Nya, apabila kalian melihat apa yang aku lihat niscaya kalian akan sedikit tertawa dan banyak menangis.” Para sahabat bertanya, “Apa yang engkau

 

 

 
 

 

 

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s