Adegan sakaratul maut dan panggilan malaikat maut

 

Al-Qurtubi berkata, “Buatlah peran tentang dirimu hai yang terpedaya, sewaktu sakaratul maut datang kepadamu, rasa sakit dan penderitaan tiba padamu, lalu ada yang berkata bahwa si fulan telah berlalu berwasiat dan hartanya telah dihitung, yang lain berkata bahwa si fulan lisannya susah berkata, sehingga ia tidak kenal tetanggannya dan tidak dapat berkata kepada saudaranya seakan-akan saya melihatmu sedang mendengarkan pembicaraan namun kamu tidak mampu memberi tanggapan. Berkhayallah tentang dirimu hai anak Adam, apabila kamu diambil dari tempat tidurmu dibawa ke papan pemandian, lalu kamu dimandikan dan dipakaikan kain kafan, keluarga dan tetangga merasa asing denganmu, para sahabat dan saudara menangisimu. Yang memandikan berkata, “Mana istri sifulan yang engkau kawini, mana anak-anak yaitu yang ditinggal bapak-bapaknya, engkau tidak akan melihatnya lagi setelah hari ini untuk selamanya

Al ghazali berkata, “Sudah selayaknya membuat hidup seorang hamba menjadi waspada, kegembirannya menjadikannya murung, melakukannya persiapan dengan matang, terlebih jika kematian sudah ada disisi setiap jiwa sebagaimana sebagian ahli hikmat berkata, “Kesulitan kematian berada pada selainmu, engkau tidak tahu kapan ia menimpamu.

Luqman berkata kepada anaknya, “Hai anakku, ada suatu perkara yang engkau tidak tahu kapan menjumpaimu, maka buatlah persiapan menghadapinya sebelum ia mengejutkanmu.

Tersebut dalam beberpa riwayat bahwa mayat akan diseru saat diletakakn di pemandian, “Mana lidahmu yang fasih yang tidak pernah menddiamkanmu? Mana suaramu yang merdu yang tidak pernah membuatmu bisu?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s