Ahli Debat

Seorang perempuan mudah dihadapkan kepada Hajaj bin Yusuf yang terkenal kebengisannya atas tuduhan politis mengajak orang untuk mendukung kelompok simpatisan ahli bait, anak Ali bin Abi Tholib hasan dan Husain.

Setelah perempuan itu berada dihadapan Hajaj bin Yusuf, maka ia meminta pendapat para pengawalnya. Maka mereka berkata, “Segera habisi dia.”

Mendengar itu perempuan itu berkata kepada Hajjaj bin Yusuf, “Wahai paduka,sesugguhnya pengawal-pengawal engaku itu lebih baik dari pengawal-pengawal engkau. Maka Hahajaj berkata “Siapa temanku yang kamu maksud ini?

Perempuan itu berkata, “Temanmu adalah Firaun, sesungguhnya ketika ia meminta pendapat kepada para pengawalnya, mereka berkata, “Tundalah urusan dia dan saudaranya dan kirimkanlah ke seluruh negeri orang-orang yang akan memgumpulkan ahli sihir (QS Aysura 36)

Maka tidak ada yang mengahadapi argumen kecuali dengan argumen juga. Maka hadapilah aku dengan hujjah agar salah satu dari kita sampai kepada kebenaran, demikianlah Allah mengajarkan, “Dan debatlah mereka dengan ajakan yang baik.”

Akhirnya perempuan itu dilepaskan.

Leave a comment