Aku Takut Kepada Allah

Ketika masih kecil, ayahnya sudah meninggal. Maka Imam Ahmad meninggalkan majlis ilmu untuk membantu ibunya dengan belajar menenun, pada saat itu Imam Ahmad mempunyai paman yang berkerja kepada Kholifah Harus Arrosyyid. Tugas pemannya itu ialah mengumpulkan berita tentang apa yang terjadi dimasyarakat untuk disampaikan kepada Harun Arrsyid. Akan tetapi setiap hari Pamannya itu menitipkan berita itu melalui Imam Ahmad untuk disampaikan kepada Khalifah Harun Arrasyid. Sementara Imam Ahmad tidak tahu menahu sedikitpun bahwa yang dibawanya setiap hari itu adalah rahasia orang banyak. Hingga akhirnya setelah lama baru ia mengetahuinya.

Suatu hari berita-berita itu tidak sampai kepada khalifah seperti biasanya. Maka Harun Arrosyid bertanya kepada paman Imam Ahmad itu. Dijawabnya bahwa ia telah mengirimkannya seperti biasa melalui keponakannya. Pada waktu itu Imam Ahmad masih kecil. Pamannya membawa Imam Ahmad kehadapan Harun Arrosyid untuk ditanya kenapa tidak disampaikan titipan beritanya yang telah diberikannya itu. Setelah ditanya oleh Harus Arrosyid, Imam Ahmad bin Hambal yang masih kecil itu berkata, “Aku telah membuangnya ke sungai setelah aku tahu bahwa apa yang aku bawa itu adalah berita dan rahasia orang banyak karena aku takut kepada Allah swt.

Mendengar itu Khalifah berkata, “Innalillahi wainna ilaihi rojiun, anak sekecil ini takut kepada Allah? Lalu bagaimana dengan kita?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s