Masuk surga padahal belum melakukan sholat

Ketika Rasulullah saw sedang mengepung salah satu benteng Khaibar, seorang lelaki pengembala berwajah hitam datang menemuinya dengan membawa kambing gemabalanya. Lelaku ini adalah buruh yang bekerja mengembalakan kambing mailik salah seorang Yahudi. Ia meminta agar Rasulullah saw berkanan menerangkan kepadanya tentang islam. Beliau kemudian menjelaskan apa Islam itu, lalu ia pun dengan kesadaran sendiri masuk Islam, setelah itu ia berkata, “Wahai Rasulullah, aku adalah seorang buruh yang mengembalakan kambing ini dan kambing-kambing ini adalah amanat, lalu bagaimana aku harus berbuat? Rasulullah saw kemudian menyuruh agar ia melempar ke arah kepala kambing-kambing itu, maka mereka akan kembali kepada pemiliknya.

Menuruit perintah Rasulullah saw pengembal berwajah hitam itu mengambil segenggam kerikil lalu melemparkannya ke arah kambing-kambing itu sambil berteriak, “Planglah kepada pemilik kalian, demi Allah aku tidak akan menemani kalian lagi.” Lalu kembing-kambing itu keluar bergerombol, seolah ada yang menggiring hingga memasuki benteng. Setelah itu pangembala itu ikur berperang bersama kaum Muslimin. Tidak lama kemudian lemparan batu dari arah musuh menenai kepalanya dan ia meninggal dunia. Padahal sejak menyatkaan diri masuk Islam hinga meningal dunia ia belum melakukan shalat sama sekali,

Jenasahnya kemudian dibawa kepada Rausulallah saw di sisinya dalam keadaan ditutup kain yang sebelumnya dikenakan. Wasulullah saw kemudian menoleh ke arahnya sementara para shabat berada disekeliling bliau, lalu segera memalingkan pandangan dari jenasah itu. Mereka kemudian bertanya, “Wahai Rasulullah, emngapa engkau berpaling dari jenazah itu? Rasulullah saw menjaabm, “Sesungguhnya sekarang ia sedang bersama istirnya, bidadai dari surga, yang sedang membersihakn debu dari wajahnya.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s