Menghitung dosa

MenghitungSufyan Ats-Tauri salah seorang ulama generasi tabi’in mengatakan bahwa ia suatu hari duduk menghitung dosa-dosanya. Lalu ia berkata kepada kepada dirinya sendiri, “Engkau akan menemui Allah, wahai Sufyan, Dia akan menanyakan tentang dosamu satu persatu. Maka bertaubatlah, wahai Sufyan, sebelum engkau menemui –Nya.” Lalu ia merenungkan tentang usianya tahun pertahun. Ketika selesai merenung, ia bangun dengan gontai dan merasakan betapa ia telah lalau terhadap dirina sendiri dan telah lalu untuk bertaubat.

Sudah tua beramalah

Aneh! Sungguh aneh! Tatkala umur anda semakin bertambah tua amal sholeh malah menurun dan tatkala kematian samakin pasti anda masih bersenda gurau !

Tidakkah anda perhatikan orang-orang yang akhir hayatnya ditutup dengan petaka serta bencana, padahal merka di awal hidupnya adalah manusia baik? Masa muda tetunalah jauh lebih baik daripada masa tua dengan rambu yang memulai memutih.

Demikianlah perumpamaan itu Kami buat untuk manusia dan tiada yang bisa memahaminya kecualo orang-orang yang berilmu (QS 29:43)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s