Mantan Amir Al-Qaeda Iran Bergabung dengan Jabhah Nusrah di Suriah

KIBLAT.NET, Suriah – Pemimpin senior Al Qaeda yang pernah memimpin jaringan Al-Qaeda di Iran, Muhsin al Fadhli hijrah ke Suriah pada pertengahan 2013, menurut laporan di The Arab Times pada tanggal 21 Maret. Mengutip sumber anonim, media itu melaporkan bahwa al Fadhli telah bergabung dengan Jabhah Nusrah, cabang resmi Al Qaeda di Suriah. Dia nampaknya dikirim ke negara itu setelah terjadinya perselisihan antara Jabhah Nusrah dan Daulah Islam Irak dan Syam (ISIS).

Al Fadhli merupakan salah satu orang kepercayaan Al-Qaeda yang melaporkan kembali kepada Syaikh Aiman al Zhawahiri tentang perselisihan di Suriah, demikian menurut Arab Times. Dan ia mempengaruhi keputusan Al-Qaeda terhadap ISIS untuk memungkirinya dari jaringan.

Hari ini, al Fadhli dilaporkan merekrut Muslim Eropa untuk bergabung dengan jihad di Suriah, dan “melatih mereka cara melakukan operasi jihad di negara-negara barat, sebagian besar operasi memfokuskan pada alat transportasi umum seperti kereta api dan pesawat terbang.”

Akun Arab Times gagal menunjukkan sumber  dari lingkaran yang benar.  Misalnya, penyebutan “empat target utama” al Fadhli di wilayah Suriah yang diduga adalah pasukan Bashar al Assad, FSA, Front Islam, dan ISIS. Namun, hanya dua dari target tersebut yang masuk di akal dalam lingkungan operasional saat ini. Jabhah Nusrah sendiri sangat erat bekerja sama dengan Front Islam , yang merupakan koalisi dari beberapa kelompok pejuang jihad, dan juga bekerja sama dengan FSA.

Meski demikian, cerita Arab Times cukup masuk diakal dalam konteks aspek yang lain dari operasi Al Qaeda .

Al Fadhli menjadi pemimpin jaringan Al Qaeda di Iran setelah seorang pemimpin senior Al Qaeda dikenal dengan nama Yasin al Suri ditahan oleh pemerintah Iran. Pada bulan Juli 2011, Departemen Keuangan AS mengidentifikasi al Suri sebagai pemimpin jaringan, yang dituduh beroperasi di bawah perjanjian antara rezim Iran dan Al Qaeda. Beberapa bulan kemudian, pada Desember 2011, Departemen Luar Negeri mengumumkan hadiah sebesar $ 10 juta dolar untuk informasi yang mengarah kepada penangkapan al Suri.

Keadaan ini menekan Iran agar mengesampingkan al Suri untuk sementara waktu. Pada bulan Februari 2012, laporan-laporan pers menunjukkan bahwa al Fadhli telah menggantikan al Suri sebagai pemimpin Al Qaeda di Iran. Dan pada bulan Oktober 2012 Departemen Keuangan menegaskan bahwa al Fadhli memang menggantikan al Suri.

Tapi awal tahun ini, pemerintah AS mengumumkan bahwa al Suri telah diasumsikan berperan kembali sebagai pemimpinan di Iran. Pada akhir Januari, pejabat Departemen Keuangan dan Departemen Luar Negeri berbicara dengan Al Jazeera, mengatakan bahwa al Suri telah mendukung Jabhah Nusrah dari tanah Iran, meskipun faktanya Jabhah Nusrah sedang melawan sekutu dan proxy Iran di Suriah. Pada awal Februari, Departemen Keuangan secara resmi menegaskan bahwa al Suri telah “kembali memimpin jaringan Al-Qaeda yang berbasis di Iran setelah ditahan sementara di sana pada akhir 2011.”

Dengan kembalinya al Suri berjuang, Al Qaeda memiliki kebebasan operasional untuk mengirim al Fadhli ke Suriah. Pemimpin senior Al Qaeda mengirim orang kepercayaannya itu ke Suriah setelah perselisihan antara Jabhah Nusrah dan ISIS semakin memanas. Oleh karena itu, laporan kehadirannya al Fadhli di dalam wilayah Suriah cukup masuk diakal dalam konteks keputusan Al-Qaeda untuk perombakan personil.

Laporan Arab Times mengambil dari sumber Kuwait, yang memiliki kepentingan dalam pelacakan al Fadhli karena ia adalah penduduk asli negara mereka. Pada tahun 2009, publikasi akurat melaporkan bahwa al Fadhli hidup di sepanjang perbatasan Iran-Afghanistan.

Dan menurut pemerintah AS, Jaringan Al Qaeda di Iran bergantung pada donor dan fasilitator berbasis di Kuwait, yang mendukung Jabhah Nusrah dan bagian lain dari jaringan Al Qaeda. Hal ini memberikan lebih banyak alasan bagi otoritas Kuwait untuk memantau gerakan al Fadhli.

Terhubung dengan Rencana Serangan Tingkat Tinggi Terhadap Kepentingan Barat

Jika al Fadhli memang berada di dalam wilayah Suriah dan melatih pejuang untuk menyerang Barat, maka ini merupakan penyebab yang signifikan bagi kekhawatiran di kalangan otoritas kontraterorisme.

Al Fadhli pertama kali ditetapkan sebagai teroris oleh Departemen Keuangan AS pada tahun 2005. Depkeu AS mencatat pada waktu itu bahwa berkasnya Al fadli sangat luas.

Al Fadhli telah lama menjadi anggota elit Al Qaeda. Pada awal September 2001, Depkeu AS menjelaskan , dia “mungkin menerima peringatan bahwa kepentingan AS akan diserang.” Operasi 11 September itu cukup rahasia dan hanya memilih anggota jaringan yang menerima pemberitahuan terlebih dahulu.

Al-Qaeda Kuwait terikat dengan serangan 6 Oktober 2002 terhadap kapal Perancis MV Limburg dan serangan 8 Oktober 2002 terhadap Marinir AS yang ditempatkan di  Faylaka Island, Kuwait. Satu Marinir tewas dalam baku tembak di Faylaka Island. Dia mungkin juga terlibat dalam pemboman USS Cole pada 12 Oktober 2000.

Dia kemudian mendukung operasi Abu Musab al Zarqawi di Irak.

Sebuah sel Al-Qaeda yang bertanggung jawab untuk rencana serangan 2009 terhadap Camp Arifjan, sebuah instalasi militer AS di Kuwait, memiliki hubungan dengan al Fadhli. Sel itu dihancurkan oleh otoritas Kuwait sebelum bisa melancarkan serangan.

Sementara itu, pejabat Mesir juga mengklaim masih ada rencana serangan lain yang menargetkan Kedutaan Besar AS di Kairo dan kepentingan Barat lainnya, yang melibatkan jaringan Al-Qaeda Iran. Rencana Serangan Mei 2013 terkait dengan Dawud al Asadi, yang telah di kontak oleh sel yang bertanggung jawab dalam serangan bulan-bulan sebelumnya.

Dawud al Asadi adalah salah satu nama samaran yang digunakan oleh Muhsin al Fadhli, namun para pejabat Mesir belum mengkonfirmasi identitas asli al Asadi di depan publik. Al Asadi dilaporkan menempatkan anggota sel untuk melakukan kontak dengan Muhammad Jamal al Kasyf,  anak buah lama Syaikh Aman al Zawahiri, serta dengan anggota lainnya dari jaringan Jamal. (qathrunnada/LWJ)

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s