Amir Al-Qaeda membahas pertikaian di Suriah

Banan Rabu, 22 Jumadil Akhir 1435 H / 23 April 2014 09:00

Hakimul Ummah, Syaikh Aiman azh-Zhawahiri, hafizahullah
(Arrahmah.com) – As-Sahab, lengan propaganda Al-Qaeda, merilis wawancara audio dengan Amir Al-Qaeda Syaikh Aiman Az-Zhawahiri yang berjudul “Kenyataan Antara Kepedihan dan Harapan.” Dalam audio ini, Syaikh Aiman membahas pertikaian antara kelompok jihad di Suriah dan perlawanannya terhadap pemerintah junta Mesir, seperti dilansir LWJ pada Senin (21/4/2014).
Pewawancara As-Sahab bertanya kepada Syaikh Aiman tentang pertikaian antara Daulah Islam Irak dan Syam atau Islamic State of Iraq and the Sham (ISIS), yang telah tidak diakui oleh pimpinan umum Al-Qaeda, dan Jabhah Nushrah, cabang resmi Al-Qaeda di Suriah. Meskipun tidak menyebutkan nama pihak-pihak yang terlibat, Syaikh Aiman mengulangi banyak dari apa yang pernah dia katakan sebelumnya. Dia kembali menyerukan semua kelompok yang terlibat untuk mendaftarkan diri kepada pengadilan syariah mandiri yang dapat mengadili di antara mereka.
Syaikh Aiman menunjuk contoh masa lalu, termasuk Aljazair pada awal 1990-an. Ekses dari beberapa mujahidin di sana mengkompromikan melawan pemerintah Aljazair dan mengasingkan rakyat. Al-Qaeda sangat ingin menghindari skenario seperti itu di Suriah. Dan tokoh besar Al-Qaeda ini bahkan menunjukkan kemungkinan bahwa rezim Bashar Assad atau kekuatan asing lainnya telah menyusup ke dalam kelompok-kelompok jihad untuk menabur perbedaan pendapat.
ISIS diduga membunuh mujahidin dan sering berperang dengan kelompok jihad lainnya di dalam wilayah Suriah. Syaikh Aiman mengatakan hukum Islam melarang dia atau setiap pemimpin lain, seperti amir ISIS Syaikh Abu Bakar Al-Baghdadi atau amir Jabhah Nushrah Syaikh Abu Muhammad Al-Jaulani, dari memerintahkan serangan terhadap mujahidin. Jika seorang pemimpin jihad melakukannya, maka prajuritnya diwajibkan untuk tidak mematuhi perintah tersebut.
Menanggapi pertanyaan tentang perbedaan antara Al-Qaeda dan ISIS, Syaikh Aiman menyebutkan dua perbedaan dalam ideologi mereka. Yang pertama harus dilakukan dengan pendekatan mereka untuk melakukan jihad, dan yang kedua adalah terkait dengan struktur organisasi Al-Qaeda.
Pertama, Al-Qaeda telah mengeluarkan “Pedoman Umum” untuk diikuti mujahidin, tetapi ISIS telah menolak untuk melaksanakannya. Di Irak dan di tempat lainnya, kelompok Al-Qaeda pernah “kehilangan” dukungan rakyat karena dituduh melakukan pembantaian tanpa pandang bulu terhadap warga sipil Muslim. Untuk mengatasi tuduhan ini, Al-Qaeda memutuskan untuk merumuskan pedoman “setelah kami berkonsultasi [dengan] semua saudara-saudara di atasnya,” kata Syaikh Aiman.
Amir Al-Qaeda mengatakan bahwa kelompoknya difokuskan pada menyatukan kelompok-kelompok Islam untuk melawan musuh-musuh eksternal Islam yang seharusnya, termasuk Amerika. Selain itu, Al-Qaeda bertujuan untuk mengembalikan Khilafah, yang dibubarkan pada tahun 1924 “atas dasar Syura [konsultasi dengan kelompok-kelompok lain] dan persetujuan oleh semua umat Islam.”
Al-Qaeda sedang mencoba untuk menjadi lebih dari sebuah gerakan revolusioner yang dikenal sementara ISIS terus beroperasi sebagai organisasi yang menolak untuk berkonsultasi dengan mujahidin lainnya.
Kedua, para pemimpin ISIS mengumumkan perluasan kelompok ke Suriah “tanpa mendapatkan izin atau mengirimkan pemberitahuan” kepada para pemimpin senior Al-Qaeda. Pernyataan ini telah dibuat sebelumnya, termasuk dalam pernyataan komando umum Al-Qaeda yang tidak mengakui ISIS. “Bimbingan dari pimpinan umum [Al-Qaeda] belum direspon ISIS,” kata Syaikh Aiman. “Pedoman ini dikeluarkan dalam persetujuan penuh bahkan oleh saudara-saudara di Irak.”
(banan/arrahmah.com)
– See more at: http://www.arrahmah.com/news/2014/04/23/amir-al-qaeda-membahas-pertikaian-di-suriah.html#sthash.TSNm209E.dpuf

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s