Syaikh Al-Maqdisi tentang ISIS dan Bagaimana Mensikapinya

KIBLAT.NET — Kembali, salah seorang tokoh jihad senior memberikan pernyataan terkait fitnah yang terjadi di antara barisan Mujahidin Suriah. Kali ini, Syaikh Abu Muhammad Al-Maqdisi memberikan pernyataan tegas terkait Daulah Islamiyah fil Iraq wa Syam (ISIS). Pernyataan ini kami terjemahkan dari situs resmi beliau, http://tawhed.ws/r?i=26051401.

Tulisan ini merupakan salah satu dari rangkaian yang terdiri dari:

  1. Pengantar dari situs.
  2. Pengantar dari tim yang ditugaskan oleh Syaikh Al-Maqdisi.
  3. Pernyataan Syaikh Al-Maqdisi (ini intinya, dan yang kami terjemah di bawah ini).
  4. Lampiran-lampiran yang disusun oleh tim yang memangn diperintahkan oleh Syaikh Al-Maqdisi. Isinya proses dari awal sampai akhir terbitnya pernyataan Syaikh (no. 3) tersebut.

Syaikh Al-Maqdisi tentang ISIS dan Bagaimana Mensikapinya

Kepada para pemimpin Mujahidin di Khurasan, Yaman, Maroko, Sinai, Somalia dan Kaukasus. Semoga Allah menjaga mereka dan memenangkan agama ini dengan mereka.

Assalamu’alaikumwarahmatullahiwabarakatuh. Waba’d:

Saya mengucapkan pujian kepada Allah yang tiada ilah selain Dia. Saya juga menyampaikan salawat dan salam kepada yang diutus dengan pedang menjelang hari kiamat hingga Allah semata yang diibadahi tiada sekutu baginya.

Wahai saudara-saudara saya, kalian telah mengetahui perselisihan dan saling bunuh yang terjadi dan sedang terjadi di medan jihad Suriah. Yang membakar hati orang-orang yang menaruh hati pada jihad dan mujahidin; dan mengiris jiwa orang-orang yang memiliki perhatian kepada Islam dan kaum muslimin. Sebaliknya, menyenangkan hati musuh-musuh agama ini.

Kalian tentu juga tahu bahwa kami telah berusaha keras untuk ambil bagian dalam rekonsiliasi(islah), seperti yang dilakukan oleh para tokoh ulama dan mujahidin. Kami telah mengirimkan surat kepada para pihak dalam sengketa dan pertempuran, termasuk kepada Al-Baghdadi. Kami telah memberikan nasihat kepadanya secara diam-diam, selain nasihat secara terang-terangan kepada Daulah. Kami juga menanggapi beberapa ekses Jubir mereka, Al-Adnani, dengan pertimbangan bahwa kami yang berusaha mengeluarkannya dari penjara. Bila tidak, kelancangan dan ketidaksopannya lebih daripada itu pun tidak pantas bagi kami untuk menanggapi.

zawahiri

Kami telah mengirimkan surat kepada saudara kami SyaikhAimanAl-Zawahiri—semoga Allah menjaganya—dan memosisikannya sebagai gambaran upaya kami untuk melaksanakan inisiatif rekonsiliasi atau pengadilan antara tanzim Daulah (ISIS) dan Jabhah Nusrah (JN). Dan kami (pada awalnya) akan mewakilkan tugas ini kepada beberapa murid pilihan kami yang kami percaya. Mereka juga memenuhi persyaratan dari tanzim Daulah yang kami pahami dari Al-Baghdadi. Kami mengingatkannya bila ia sampai menolak inisiatif ini, maka ia akan bertanggung jawab di depan semua mujahidin. Mereka (ISIS) akan menuai konsekuensi serius.

Kami juga mengirimkan surat kepada beberapa penanggung jawab masalah syariat (Dewan Syariat) di Daulah. Kami memiliki dokumen surat-menyurat yang menunjukkan pemalsuan yang mereka lakukan, serta reka-reka dan kebohongan mereka terhadap para pemimpin mujahidin. Dan kepalsuan lainnya yang tidak layak dilakukan oleh mujahidin yang dianggap sebagai barisan terdepan dalam menegakkan keadilan dan kesaksian atas kebenaran demi Allah, meskipun berbahaya bagi keselamatan mereka sendiri.

Kalian tahu bahwa tanzim Daulah telah melakukan pertumpahan darah yang diharamkan. Ini telah terbukti. Dan mereka menolak untuk mematuhi pemimpin dan tokoh mujahidin serta inisiatif dan nasihat mereka. Ini juga sudah populer dan terbukti. Ekstremisme telah melanda sebagian anggota, bahkan dewan syariat mereka. Sebagian dari mereka mengakui secara secara terbuka bahwa di dalam barisan mereka ada Khawarij.

Kalian tahu bahwa dominasi orang-orang seperti mereka atas kaum muslimin di Suriah; suara mereka yang tinggi; bicara mereka atas nama jihad dan mujahidin, dan pemakaian jubah Daulah Islam dan penggunaan terminologi-terminologinya, niscaya akan menyimpangkannya dan mendistorsi jihad dan mujahidin serta Daulah Islam yang diinginkan (oleh kaum muslimin).

Selain itu juga akan membentuk aliansi masyarakat yang bertentangan dengan mujahidin dan menghasilkan shahawat. Sebab, penyimpangan dari syariat Allah dan bimbingan Nabi akan menyebabkan ekstremisme dan penamaan sesuatu dengan nama yang tidak semestinya. Pertumpahan darah dan kezaliman terhadap hamba Allah niscaya berlanjut bila pohon yang jahat ini berbuat.

Kalian tahu bahwa organisasi Daulah, juru bicara dan dewan syariatnya senantiasa mencela para senior, ulama dan syaikh-syaikh kita, terutama saudara kita tercinta Syaikh Aiman Al-Zawahiri. Mereka tidak menaati perintahnya, karena mengklaim bahwa mereka tidak berbaiat kepadanya. Para mujahidin menjadi saksinya. Mereka menjadi orang-orang yang membenarkan maksiat dan keluar dari mujahidin, melawan para pemimpin mujahidin, dan menolak nasihat-nasihat reka degan alasan Al-Qaidah telah menyimpang dari manhaj jihad. Dan dengan kata-kata para pemimpin ISIS yang mereka intai dari sana-sini, yang tidak kuat sama sekali menurut syariat.

Kritikan dan prasangka itu lahir dari pemahaman yang buruk dan tujuan yang tidak benar. Semua itu untuk membenarkan dosa-dosa mereka, melegalkan pembangkangan serta memisahkan diri dari barisan Mujahidin. Ini adalah pembenaran yang membuktikan kedangkalan pikir, tipisnya pemahaman, kecenderungan kepada ekstremisme, dan membesar-besarkan isu.

adnani

Saya sudah mendengarkan pidato terakhir Al-Adnani, yang bisa dijadikan contohnya—dan banyak bukti lainnya dalam pidato mereka yang lain. Yang dengan itu, mereka secara tegas menyatakan penolakan mahkamah yang direkomendasikan oleh Syaikh Al-Zawahiri. Padahal, mahkamah tersebut merupakan inti dari inisiatif kami yang rencananya akan kami sampaikan kepada beliau dan kepada mereka (ISIS). Dengan demikian, tiada gunalah kata-kata penasihat dan semua jalan rekonsiliasi dan pengadilan telah tertutup dengan penolakan yang jelas dan nyata, yang didengar oleh semuanya.

Oleh karena itu, tidak ada gunanya lagi menunda dan menunggu. Tiada guna bila hanya diam untuk mengingkari kemungkaran dan tidak menyatakan batil suatu kebatilan! Dengan demikian, wajib bagi kami dan semua tokoh mujahidin dan pemimpin mereka di semua bagian dunia, untuk mengatakan kalimat yang benar dan kepada para pengusungnya; menampakkan kelompok yang melampaui batas dan menentang mahkamah; menolak rekonsiliasi; tidak taat kepada perintah pemimpin dan tokoh-tokoh senior.

Oleh karena itu, kami dengan ini menyatakan bahwa organisasi Daulah Irak dan Syam adalah organisasi yang menyimpang dari jalan kebenaran, melampaui batas terhadap mujahidin, cenderung kepada ekstremisme, terlibat dalam penumpahan darah orang-orang yang mestinya dijaga, serta menyita harta, ghanimah, dan wilayah-wilayah yang telah dibebaskan dari rezim. Mereka telah menyebabkan distorsi jihad dan bibit-bibit mujahidin, membelokkan pistol dari dada orang-orang murtad dan musuh yang memerangi ke dada para mujahidin dan kaum muslimin. Dan banyak penyimpangan lain yang telah terbukti.

Kami menyerukan kepada semua mujahidin untuk menerapkan pernyataan ini, mengumumkan agar menjauhinya sebagai wujud menolong kebenaran dan para pengusungnya. Kami menyeru kepada para anggota organisasi Daulah untuk meninggalkan organisasi tersebut dan bergabung dengan Jabhah Nusrah serta membaiat para pemimpinnya. Inilah fatwa kami. Inilah anjuran kami. Dan inilah pilihan kami untuk mereka.

Kami juga menyeru kepada semua situs Islam jihadi dan lainnya yang memperhatikan urusan kaum muslimin dan jihad mereka agar memublikasikan pernyataan ini, mendukungnya, dan menahan diri dari publikasi rilis, pidato, dan tulisan-tulisan organisasi Daulah.

bendera isis

Pernyataan ini mengandung makna penyingkapan tabir hukum organisasi ini yang durhaka kepada kepemimpinannya. Pernyataan ini juga mengandung arti pengumuman perlepasan diri dari manhajnya yang ekstrem, menumpahkan darah orang-orang yang tak bersalah, mendistorsi jihad dan mujahidin, dan sesat dari jalan  Allah, karena telah menyimpang, membangkang dan enggan dari hukum Allah.

Disebabkan oleh penyimpangan dan keengganan dari pengadilan, menolak segala bentuk inisiatif, maka kami terpaksa mengeluarkan pernyataan ini. Ini pun setelah kami mengerahkan segala upaya nasihat dan surat-menyurat kepada pemimpin dan dewan syariatnya secara diam-diam maupun terang-terangan. Setelah mereka tidak mengindahkan seruan-seruan pemimpin dan tokoh-tokoh jihad, dan enggan turun ke mahkamah, maka mereka pun enggan dari syariat dan tidak sudi mengembalikan hak-hak kepada pemiliknya.

Sebagaimana sebelumnya mereka tidak mau taat kepada pemimpinnya, maka wajib bagi kami untuk mengatakan kebenaran, setelah kami mengerahkan segala upaya untuk mengembalikannya ke jalan yang benar. Namun mereka; dia (Amir ISIS), kepemimpinan, dan dewan syariatnya tetap para penyimpangan mereka.

Menjadi kewajiban bagi mujahidin untuk mewaspadainya, mengajak mujahidin untuk memisahkan diri darinya, dan bergabung dengan para pengusung kebenaran dan jihad yang saleh dan jujur. Agar urusan jihad ini pulih dan barisan mujahidin menyatu. Karena Allah mencintai orang-orang yang berjihad di jalan-Nya berbaris-baris seolah-olah mereka bangunan yang kokoh. Allah tidak ridha terhadap perpecahan mujahidin dan tercerai berai hingga mudah  tumbang ditiup angin. Allah tidak ridha jihad lemah dan mereka dikuasai oleh musuh.

Kami memohon kepada Allah Ta’ala semoga menyatukan barisan mujahidin dalam persatuan layaknya satu hati orang yang paling saleh di antara mereka. Semoga Allah mengangkat panji tauhid dan membalikkan panji kesyirikan dan tandingan-tandingan (Allah). Semoga Allah melimpahkan salawat dan salam kepada nabi-Nya.

Pertengahan Rajab 1435.

Abu MuhammadAl-Maqdisi

 

Penerjmah: Agus Abdullah

Editor: Hamdan

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s