Mujahid Asal Amerika Terlibat Operasi Syahid Jabhah Nusrah di Idlib

thumb.phpKIBLAT.NET, Suriah – Seorang mujahid Jabhah Nusrah asal Amerika bergabung dalam operasi bom syahid bersama 3 orang mujahidin lainnya dalam serangan terkoordinasi baru-baru ini di Suriah, demikian menurut seorang dewan syariah Jabhah Nusrah melalui akun Twitternya.

Pada tanggal 25 Mei, Jabhah Nusrah cabang resmi Al Qaeda di Suriah, mengumumkan digelarnya serangan gabungan bersama gerakan jihad Suquur Asy-Syam. Sebuah rumor beredar di Twitter bahwa salah satu dari empat pelaku bom syahid adalah warga negara Amerika, belum ada konfirmasi resmi dari salah satu kelompok yang bertanggung jawab atas serangan itu.

Dalam update sebelumnya pada Selasa (27/5), Syaikh Abu Sulaiman al Muhajir memposting foto dan nama mujahid pelaku bom syahid, yakni  Abu Hurairah Al-Amriki, yang berarti asal Amerika. Pada gambar itu tertulis “Telah berlangsung Operasi Syahid di Idlib, Jabal Al-Arba’een. Semoga Allah menerima dia,” seperti dikutip oleh long war journal pada Selasa (27/5).

Syaikh Abu Sulaiman memungkinkan mengetahui identitas dan kewarganegaraan mujahid tersebut. Ia menjadi salah satu pejabat syariah teratas Jabhah Nusrah, setelah pindah dari Australia ke Suriah pada tahun lalu. Sebelum pindah, Syaikh Abu Sulayman dikenal sebagai penggalang dukungan untuk jihad Suriah. Dalam video yang dirilis oleh Jabhah Nusrah pada pertengahan April, Syaikh Abu Sulayman memaparkan struktur organisasi dan anggota internal Al-Qaeda.

Namun, para pejabat Amerika yang dihubungi oleh The Long War Journal belum mengkonfirmasi identitas pembom syahid itu. Jika dia benar seorang warga Amerika, maka serangan di Idlib adalah pertama kalinya diketahui bahwa jihadis merekrut anggota di AS dan terlibat operasi syahid di Suriah.

Foto dan video operasi bom syahid yang terkoordinasi telah diposting di akun twitter milik Jabhah Nusrah wilayah Idlib, Suriah. Video di bawah itu, diposting oleh Jabhah Nusrah pada tanggal 25 Mei, menampilkan gambar truk sarat dengan bahan peledak yang dikendarai oleh Abu Hurayrah dan kemudian diledakkan.

Pada hari yang sama, twitter Jabhah Nusrah wilayah Idlib memposting gambar truk yang sama, Jabhah Nusrah mengatakan melalui twitternya itu bahwa beberapa ton bahan peledak telah dimuat ke dalamnya. Nama ​​pengemudi itu dicantumkan sebagai Abu Hurairah al Muhajir. Dengan demikian, timeline Twitter hanya menunjukkan Abu Hurairah sebagai muhajir ke Suriah, tetapi tidak menjelaskan bahwa ia berasal dari Amerika.

Jabhah Nusrah

Selain itu, akun twitter Jabhah Nusrah wilayah Idlib juga memposting gambar tiga kendaraan lainnya yang digunakan dalam operasi syahid. Salah satu pengendara lainnya berasal dari Suriah. Dan dua lainnya dilaporkan sebagai pejuang asing, satu dari Maladewa dan satunya lagi dari “Turkistan,” kemungkinan merujuk ke Asia Tengah atau China. (qathrunnada)

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s