Mujahidin Kembali Menguasai Penjara Pusat Aleppo

penjara-aleppo

Mujahidin di bawah komando Jaish al- Muhajirin wal Ansar (JMA) telah berhasil menguasai kembali daerah Penjara Pusat Aleppo, demikian laporan dari Akhbar Sham.

Perlu diingat bahwa sebelumnya pada 22 Mei, tentara rezim Assad berhasil menerobos ke Penjara Pusat Aleppo. Dan memaksa mujahidin dari Jabhah Nushrah dan Jabhah al-Islamiyyah mundur, kemudian mujahidin mendatangkan pasukan bantuan dari Layramoun (barat laut Aleppo) yang terdiri dari mujahidin JMA. JMA berhasil membangun pijakan di desa Tel Hailan dan menghentikan gerak langkah tentara rezim Assad.

Kedatangan JMA ini digunakan oleh mujahidin gabungan sebagai batu loncatan untuk mengkonsentrasikan kekuatan pada serangan berikutnya.

Titik terakhir daerah yang dikuasai oleh tentara rezim Assad adalah di dekat desa Jubailyan, berhasil direbut kembali oleh mujahidin pada Selasa 27 Mei. Dengan demikian, garis konfrontasi yang memisahkan antara pasukan Assad dan Mujahidin sebelum terjadi penerobosan dari pasukan Assad, telah berhasil dikuasai.

Jalan strategis yang menghubungkan penjara dengan pasukan Assad sekali lagi terkena serangan Mujahidin. Zona pertempuran utama sekali lagi bergeser ke daerah Sheikh Najjar, tempat di mana tentara rezim Assad masih menguasai beberapa posisi.

Perlu diingat bahwa serangan balik dimulai pada hari Minggu setelah shalat subuh. Unit penyerang dari JMA, dengan didukung oleh para mujahid lokal, dan juga unit dari Ahrar ash-Sham, menyerbu desa Jubailyan, yang berdekatan dengan Penjara Pusat Aleppo.

Mujahidin dari kelompok Irak, Ansar al-Islam, turut memainkan peran aktif dalam serangan itu, dan berjuang di bawah naungan komando JMA.

Setelah membongkar pertahanan tentara rezim Assad, Mujahidin berhasil memasuki desa dan terjadi pertempuran sengit selama beberapa jam yang membuat tentara Assad benar-benar terusir dari desa itu. Setelah menderita kerugian besar, mereka melarikan diri dari desa dan berlindung di bangunan yang terletak sekitar beberapa ratus meter dari desa Jubailian.

Komando umum dari operasi serangan di daerah Penjara Pusat Aleppo dan Sheikh Najjar telah dipercayakan kepada JMA. (kc/muqawamah.com)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s