Propaganda ISIS dalam Pemberitaan Pembelotan Mujahidin Chechnya ke Barisan Mereka

0

Propaganda media dengan pemberitaan yang sering di-blow up (diheboh-hebohkan) seakan menjadi ciri khas ISIS untuk menggalang dukungan dan simpati ditengah badai penolakan dan tahdhir serta bara’ oleh para Ulama berpengaruh dunia Islam atas mereka yang datang bertubi-tubi belakangan ini. seperti pernyataan bara’ah Syaikh Abu Qatadah Al-Filisthini, Abu Muhammad Al-Maqdisiy baru-baru ini.

Yang masih hangat adalah video propaganda yang menampakkan 10 muhajirin Chechnya yang membelot dari Jama’ah Saifullah Asy-Syisyani (yang berafiliasi ke Jabhah Nushrah –pent) menyatakan bergabungnya mereka ke ISIS. Rumor tentang pembelotan anggota Jama’ah Saifullah Asy-Syisyani telah mulai bergulir sejak beberapa minggu yang lalu. ISIS mengklaim seluruh anggota Jama’ah Saifullah Asy-Syisyani telah bergabung ke ISIS. Kemudian klaim tersebut langsung dibantah oleh salah satu petinggi Jama’ah Saifullah Asy-Syisyani. Dia bersaksi hanya segelintir orang yang membelot dari fraksinya kemudian bergabung ke ISIS di daerah Al-Bab. Dilaporkan sampai sekarang Jama’ah Saifullah Asy-Syisyani masih tergabung dalam koalisi di pertempuran Layramoun, Aleppo.

Kemudian ISIS kembali mengklaim bahwa sebuah fraksi mujahidin Belanda bernama “Israfil” telah membelot dari Jama’ah Saifullah Asy-Syisyani dan bergabung ke barisan mereka. Kemudian mereka segera meralat berita palsu mereka setelah akhirnya terungkap bahwa kelompok mujahidin Belanda “Israfil” adalah kelompok tidak terikat ke fraksi jihad manapun (freelancer).

Pada hari jumat yang lalu, Fraksi Kaukasia Utara di ISIS merilis sebuah video yang menunjukkan sejumlah pembelot Jama’ah Saifullah Asy-Syisyani. Namun video tersebut malah membenarkan klarifikasi dari Jama’ah Saifullah Asy-Syisyani bahwa jumlah pembelot hanya sedikit, mereka tidak lebih dari 10 orang saja.

Berikut ini videonya:

Salah seorang anggota Jama’ah Saifullah Asy-Syisyani yang menggunakan nama akun twitter “Muslim Abdullaev” mengutuk sikap para pembelot yang kabur dari pertempuran dan malah bergabung ke ISIS.

“Mereka membelot dan sekarang mereka sedang syuting video, ngintip*, apakah ada hal seperti itu di Islam untuk meninggalkan ribath (pertempuran -pent) dan pergi ke ISIS? Saudara-saudara mereka di sini terluka setiap hari dan gugur sebagai syuhada, dan mereka malah sedang syuting film … ”

Foto lain dari kelompok pembelot; orang paling sudut kiri bernama Faizullah Shishani:

Ini bukan pertama kalinya ISIS telah berusaha untuk mendapatkan poin propaganda dengan menyatakan bahwa anggota fraksi Mujahidin Chechnya telah membelot ke barisan mereka. Awal tahun ini, FiSyria, yang (sekarang offline) situs dekat dengan Umar Shishani, membuat beberapa video tentang “kesaksian” pejuang yang diklaim telah membelot dari Jaish al-Muhajirin wal Ansar (JMA). Ketika diklarifikasi, JMA menyatakan bahwa setidaknya salah satu dari orang-orang yang mangaku membelot dari JMA ternyata samasekali tidak pernah bergabung dalam JMA.

Klaim pembelotan yang datang dari Kelompok Kaukasia Utara di ISIS malah menguap dan tidak ada pengaruh dibandingkan rekan Chechnya mereka di fraksi lain, khususnya Jaish al-Muhajirin wal Ansar (JMA) dan Jama’ah Saifullah Asy-Syisyani yang telah mendapatkan reputasi baik sebagai hasil kerjasama mereka dengan Brigade Islam Suriah dalam pertempuran utama di Aleppo.

logo-muqawamah-189x177

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s