Eropa Kutuk Teroris Israel, Puluhan Ribu Massa Turun ke Jalan

Minggu, 20 Juli 2014

This is how Paris responded to govt’s “Pro-Palestinian Rally Ban.” (@KhaledBeydoun)

LONDON — Ribuan orang ikut dalam aksi unjuk rasa pro-Palestina di London Sabtu (19/7) waktu setempat. Dalam aksi tersebut diteriakkan yel-yel “Israel adalah negara teror”. Sementara para pemerotes mengabaikan larangan demonstrasi di Paris terlibat bentokan dengan polisi yang menghambat gerakan mereka,

Unjuk rasa di London, kata pihak penyelengara, diperkirakan diikuti 20.000 orang bergerak dari kantor Perdana Menteri David Cameron sampai ke kedutaan besar Israel.

Di Paris, kendatipun ada larangan dan peringatan-peringatan dari Presiden Francois Hollande, ratusan orang berkumpul untuk melakukan unjuk rasa dan terlibat bentrokan dengan polisi yang menghambat rute mereka.

Para pengunjuk rasa melemparkan batu-batu dan botol-botol ke regu-regu polisi anti-huru hara yang menanggapi dengan menyemprotkan gas air mata ke jalan-jalan.

Larangan itu, yang Hollande katakan adalah untuk memlihara “ketertiban umum” setelah aksi kekerasan dalam unjuk rasa yang sama yang diberlakukakan hanya di Paris.

Ribuan orang turun ke jalan-jalan di beberapa kota lain Prancis untuk melakukan unjuk rasa yang diizinkann menentang serangan Israel di Gaza sekarang.

Pada 13 Juli, para pengunjuk rasa pro-Palestina berusaha menyerbu dua sinagogu di Paris dalam satu unjuk rasa, dan terlibat bentrok dengan para pendukung Israel.

Duabelas hari aksi kekerasan pasukan Israel ke Gaza menyebabkan lebih dari 335 warga Palestina gugur syahid, mayoritas dari mereka adalah para warga sipil Palestina.

Di London para demonstran membawa plakat-plakat yang mendesak Israel menghentikan “serangan-serangan di Gaza” dan bertuliskan “Hentikan pemboman, bebaskan para warga Palestia” “Hentikan terror negara Israel, bergabunglah para warga sosialis” “Akhiri apartheid Israel”.

Hentikan Koalisi Perang sayap kiri, salah satu dari para penyelenggara unjuk rasa mengecam dukungan Inggris dan Amerika Serikat untuk Israel sebagai “tidak berguna kecuali kolusi dengan kejahatan perang yang membunuh wanita, anak-anak dan orang cacat”.

Di Prancis, kedutaan besar AS mengeluarkan satu pernyataan “mendesak para warganya menghindari protes-protes, dengan mengatakan bahwa karena sifatnya tidak memiliki izin dan “karena lingkungan politik sekarang di Timur Tengah, bentrokan spontan atau timbulnya aksi kekerasan tidak dpat dikesampingkan.”

Hollande, yang berbicara dari Afrika barat,mengatakan bahwa ia sedang berusaha menghindari “mengimpor” konflik TimurTengah ke Prancis.

Pihak berwenanga mengatakan para penyelenggara yang mengabaikan larangan itu akan dikenakan hukuman enam bulan penjara dan denda 7.500 euro.

Sementara polisi Belgia cemas pada demonstrasi tanpa izin akan dilakukan di Brussels dan Atwerp Sabtu.

Walil-wakil dari masyarakat Yahudi dan Muslim Belgia bergabung bersama Jumat untuk menyerukan hubungan baik antara masyarakat-masyarakat agama harus dipelihara. (ROL)

London with Gaza
A sea of #Gaza supporters in Brussels. (@KhaledBeydoun)
Thousands have began to assemble outside the Israeli Embassy in #London – the rally still hasn’t reached them #Gaza (@kelo3adi)
Share on :


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s