Islam Kajian

Membuka cakrawala baru

Indahnya syahid berjama’ah ala para komandan mujahidin Ahrar Asy-Syam

Rabu, 16 Zulqa’dah 1435 H / 10 September 2014 08:55
Indahnya syahid berjama'ah ala para komandan mujahidin Ahrar Asy-Syam
Para Komandan dan Petinggi Mujahidin Ahrar Asy Syam yang Syahid terbunuh

 

IDLIB (Arrahmah.com) – Ketua Bidang Politik Mujahidin Jabhah Islamiyah dan sekaligus Amir Harakah Ahrar Asy-Syam Al-Islamiyah, Syaikh Hassan Abbud atau lebih dikenal dengan nama panggilan Abu Abdillah Al-Hamawi, gugur bersama sekitar 20 tokoh penting lainnya dalam kelompok jihad Ahrar Asy-Syam. Mereka gugur oleh serangan di kota Ram Hamdan, pinggiran Idlib utara, pada Selasa (9/9/2014) sore, namun jenis serangan dan pelaku serangan belum terungkap dengan pasti.

Serangan itu membunuh sekitar 50 orang mujahid, termasuk Amir Ahrar Asy-Syam Abu Abdillah Al-Hamari, ketua umum dewan syariat Ahrar Asy-Syam Syaikh Abu Abdil Malik Asy-Syar’i dan komandan umum militer Ahrar Asy-Syam Syaikh Abu Aiman Raam Hamdan. Belasan komandan wilayah dan komandan lapangan Ahrar Asy-Syam turut syahid dalam peristiwa tersebut.

Amir Harakah Ahrar Asy-Syam Al-Islamiyah, Syaikh Hassan Abbud atau lebih dikenal dengan nama panggilan Abu Abdillah Al-Hamawi

Berita-berita yang sampai kepada koran Zaman Al-Wasl dari sumber-sumber yang dekat dengan Ahrar Asy-Syam mengatakan serangan itu menargetkan “titik nol”, yaitu markas komandan umum militer Ahrar Asy-Syam, Abu Aiman, di dekat kota Ram Hamdan, pinggiran Idlib.

Berdasar sumber-sumber Zaman Al-Wasl dan pernyataan resmi Ahrar Asy-Syam, diantara para pemimpin, ulama dan komandan Ahrar Asy-Syam yang syahid dalam peristiwa tersebut adalah Abu Abdillah Al-Hamawi, Abu Yazin Asy-Syami, Abu Thalhah Al-Ghab, Abu Abdil Malik Asy-Syar’i, Abu Aiman Al-Hamawi, Abu Aiman Raam Hamdan, Idris saudara kandung Abu Aiman, Abu Sariyah Asy-Syami, Muhibuddin Asy-Syami, Abu Yusuf Binnisy, Thalal Al-Ahmad Tamam, Abu Zubair Al-Hamawi, Abu Hamzah Ar-Raqqah.

Sumber-sumber yang dekat dengan Ahrar Asy-Syam menyatakan para amir wilayah, ulama syariat dan komandan lapangan Ahrar Asy-Syam sedang menggelar musyawarah Majlis Syura Ahrar Asy-Syam di tempat tersebut. Belasungka resmi yang singkat dari Ahrar Asy-Syam dan Jabhah Islamiyah mengatakan “ledakan yang belum diketahui dengan pasti penyebabnya”.

Sebagian besar orang yang hadir dalam pertemuan tersebut gugur oleh serangan. Suasana duka cita dan pengurusan jenazah para syuhada’ menjadi aktivitas utama Ahrar Asy-Syam dan Jabhah Islamiyah di propinsi Idlib. Mereka tidak memberikan keterangan lebih lanjut tentang pembunuhan terhadap lebih dari 20 tokoh mereka tersebut.

Bagi kelompok jihad Ahrar Asy-Syam secara khusus dan Jabhah Islamiyah secara umum, gugurnya para amir, ulama syariat, dan komandan mereka secara berjama’ah ini merupakan sebuah prestasi tersendiri di hadapan Allah dan kaum muslimin. Allah Ta’ala berkenan memilih mereka, secara berjama’ah, dalam golongan syuhada’ di jalan-Nya setelah mereka bersama-sama menjalani jihad melawan rezim Nushairiyah Suriah selama tiga tahun lebih.

Berjuang bersama di jalan Allah dan gugur bersama di jalan Allah, insya Allah. Selamat atas gugurnya para ulama dan komandan Ahrar Asy-Syam di jalan Allah secara berjama’ah. Semoga Allah menerima amal shalih mereka, mengampuni dosa mereka, dan menempatkan mereka dalam surga yang tertinggi Al-Firdaus, dengan ridha-Nya. Aamiin.

(muhib al majdi/arrahmah.com)

– See more at: http://www.arrahmah.com/news/2014/09/10/indahnya-syahid-berjamaah-ala-para-komandan-mujahidin-ahrar-asy-syam.html#sthash.dp8kMm9W.dpuf

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: