Pemimpin Ahrar Syam dan Senior lainnya Terbunuh oleh Bom di Idlib Utara

KIBLAT.NET – Lebih daripada 20 tokoh senior dan orang penting di Ahrar Syam terbunuh dalam sebuah ledakan di Idlib Utara, Selasa sore kemarin, 9 September 2014. Termasuk pemimpin tertinggi Gerakan, Abu Abdullah Al-Hamawi atau dikenal juga dengan Hassan Abbud.

Jabhah Islamiyah membenarkan pembunuhan terhadap sejumlah pemimpin gerakan Ahrar Syam tersebut. Sebuah bom meledak di desa Ram Hamdan, wilayah pedesaan Idlib Utara. Jabhah mengumumkan bahwa nama-nama pemimpin Gerakan adalah Abu Abdullah Al-Hamawi, Abu Al-Yazn Asy-Syami, Abu Thalhah Al-Ghab, Abu Abdul Malik Asy-Syar’i, Abu Aiman Al-Hamawi, Abu Aiman Ram Hamdan, Abu Sariyah Asy-Syami, Muhibuddin Asy-Syami, ABu Yusuf Binsyi, Thalal Al-AHmad Tamam, Abu Zubair Al-Hamawi, Abu Hamzah Ar-Raqqah dan beberapa nama lainnya.

Bom meledak pada hari Selasa sore kemarin, 9 September 2014, saat para pemimpin Ahrar Syam sedang berkumpul di titik yang mereka sebut Titik Nol, markas yang dipimpin oleh Abu Aiman Ram, pemimpin Ahrar di sektor Utara. Belum diketahui siapa pelaku pengeboman tersebut dan apa motif di baliknya.

Beberapa sumber lain menyebutkan bahwa terbunuhnya para pemimpin sebanyak itu tidak saja disebabkan oleh ledakan bom, tetapi juga oleh gas kimia yang menyertainya. Hal ini dikuatkan oleh tubuh sebagian korban yang tidak menunjukkan bekas luka oleh ledakan.

Perlu disebutkan bahwa Hassan Abbud, pemimpin Ahrar Syam adalah putra kelahiran Hama, Suriah. Jajaran pemimpin dan anggota Ahrar Syam pun mayoritas adalah mujahidin lokal Suriah. Merekalah yang membangkitkan perlawanan terhadap rezim Nushairiyah sejak awal revolusi. Hassan Abbud pernah dipenjara oleh rezim Assad. Beliau meraih gelar Doktor dalam ilmu Islam dan termasuk penggagas lahirnya gerakan Ahrar Syam. (Agus Abdullah)

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s