AS: 80% Serangan Udara Koalisi di Suriah Dilancarkan Jet Saudi dan UEA

KIBLAT.NET, Deir Zour – Departemen Pertahanan AS, Pentagon, Kamis (26/09), mengatakan bahwa jet tempur Saudi dan Uni Emirat Arab (UEA) ikut terlibat dalam serangan baru-baru ini terhadap Daulah Islamiyah di Suriah. Bahkan, 80% gempuran yang diluncurkan dari jet tempur Saudi dan Uni Emirat.

“10 jet tempur dua negara Arab dengan didampingi enam jet tempur AS melancarkan serangan udara pada Rabu malam (25/09) ke kilang minyak yang dikontrol Daulah Islamiyah,” kata juru bicara militer AS, Kolonel John Kirby, seperti dilansir kantor berita Reuters.

Ia menunjukkan bahwa total misil yang ditembakkan dalam serangan tersebut sebanyak 23 misil, 18 di antaranya ditembakkan jet AS. Sementara sisanya ditembakkan jet Uni Emirat dan Saudi. Ia menambahkan bahwa jet kedua negara Arab tersebut lebih dominan dalam serangan itu.

Dalam konteks terkait, Pentagon mengaku akan menyelidiki adanya korban sipil dalam serangan mereka di Suriah yang sudah berlangsung selama tiga hari. Pentagon tidak yakin adanya korban sipil, karena menurutnya serangan tersebut sudah dilakukan dengan cermat.

Perlu diketahui, aktivis media tersohor Hadi Al-Abdullah melaporkan banyak warga sipil menjadi korban dalam serangan perdana AS pada Selasa malam di Suriah. Di antara korban adalah anak-anak dan wanita. Hal itu juga ditegaskan lembaga pengawas HAM Suriah yang mencatat sedikitnya 24 orang tewas dalam serangan malam hari tersebut.

Diberitakan sebelumnya, AS dan koalisinya Rabu malam kembali melancarkan serangan terbaru di utara dan timur Suriah. Serangan itu menargetkan ladang minyak yang disinyalir dikendalikan pejuang Daulah Islamiyah.

Lembaga pengawas HAM Suriah melaporkan, serangan itu juga melibatkan peluru kendali yang ditembakkan dari darat. Belum ada laporan adanya korban jatuh akibat serangan tersebut.

Editor: Hunef
Sumber: eldorar.com

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s