Kelompok Khawarij IS / ISIS Nekat Bunuh Alan Henning

 khawarij-isis-bunuh-alan-henning

Raqqah (kompasislam.com) – Kelompok yang oleh ulama mujahidin divonis khawarij IS/ISIS nekat membunuh sandera pekerja kemanusiaan asal Inggris Alan Henning. Sebuah video yang menunjukkan sandera pekerja kemanusiaan yang telah membantu rakyat Suriah tersebut telah dirilis oleh IS pada Jum’at (03/10/2014).

Alan adalah sopir yang mengantarkan bantuan ke Suriah pada bulan Desember tahun lalu ketika ia diculik dan disandera oleh khawarij IS/ISIS.

Ia telah mendapatkan jaminan keamanan dari dua pihak kaum muslimin. Yang mana dalam Islam dia dianggap sebagai Mu’ahad dan itu berarti tidak diperbolehkan untuk menyakitinya.

Keamanan pertama diberikan oleh badan amal Islam di Inggris. Badan Amal di Inggris yang diwakili Abu Salaam Al-Britani meyakinkan dan memberitahu Alan, bahwa ia akan aman dan tidak dirugikan karena ia bersama dengan sekelompok Muslim yang akan memberikan bantuan kepada rakyat Suriah.

Keamanan kedua diberikan oleh penduduk pribumi Ad-Danna. Penduduk Ad-Danna telah mengirim beberapa orang untuk mengawal kafilah badan kemanusiaan muslim Inggris yang di dalamnya terdapat Alan Henning setelah masuk ke Suriah melalui perbatasan Bab Al-Hawa.

Penduduk muslim Ad-Danna meyakinkan seluruh badan amal, bahwa mereka akan berada di bawah perlindungan dan akan membawa ke kota Ad-Danna.

Namun Daulah Islam tetap melakukan pembunuhan kepada Alan Henning. Hal itu telah IS tegaskan dalam rilisvideonya serta bertanggung jawab atas pembunuhan tersebut.

Daulah Islam beralasan bahwa pembunuhan itu sebagai bayaran atas tindakan AS dan Inggris karena telah menginvasi tempat-tempat IS di Irak dan Suriah.

Video   itu dimulai dengan berita tentang pengesahan dari parlemen Inggris untuk serangan udara dengan target pejuang di Irak.

Adegan selanjutnya menunjukkan Henning yang berlutut dengan latar belakang padang pasir. Dia mengenakan baju berwarna jingga seperti layaknya seorang tahanan sementara di belakangnya berdiri seorang bercadar bersenjata pisau.

Dengan menatap kamera, Henning mengatakan bahwa sebagai seorang warga negara Inggris, dia harus membayar harga dari pilihan parlemen yang mengesahkan serangan udara.

Kemudian orang bercadar di belakang Henning–yang mempunyai aksen sama dengan pembunuh dalam video kematian David Haines–mulai berbicara ditujukan kepada Cameron.

“Darah David Haines merupakan tanggung jawab Anda, Cameron,” kata dia.

Setelah pemenggalan, adegan beralih ke pengenalan Kassig, pria 24 tahun dari Amerika Serikat yang juga bekerja di badan kemanusiaan.

“Obama, Anda memulai pengeboman terhadap Suriah yang membunuh warga kami,” kata dia.

Video itu kemudian berakhir tanpa ada tanda-tanda kematian dari Kassig.

Pembunuhan Alan Henning menjadi kontroversial karena dia mendapat jaminan keamanan dan bekerja pada aktivis kemanusiaan Muslim Inggris yang telah banyak membantu muslim Suriah.

Allah ta’ala berfirman:

”Allah tidak melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tiada memerangimu karena agama dan tidak (pula) mengusir kamu dari negerimu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil.” (Al-Mumtahanah: 8).

Allah Ta’ala berfirman:

وَإِنْ أَحَدٌ مِّنَ الْمُشْرِكِينَ اسْتَجَارَكَ فَأَجِرْهُ حَتَّى يَسْمَعَ كَلاَمَ اللهِ ثُمَّ أَبْلِغْهُ مَأْمَنَهُ
“Apabila diantara orang musyrik itu meminta keamanan, maka berilah keamanan sampai dia mendengarkan kalamulloh, kemudian kembalikanlah ia ketempatnya yang aman”. (QS. At-Taubah: 6)

Nabi Saw bersabda:

”Darah kaum muslimin setara, dan jaminan keamanan dari orang yang paling rendah di antara mereka (muslimin) berarti jaminan dari seluruh kaum muslimin.”

– See more at: http://www.kompasislam.com/2014/10/04/kelompok-khawarij-is-isis-nekat-bunuh-alan-henning/#sthash.JHCg4vNN.dpuf


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s