Kebahagiaan ada ada kesabaran dalam menghadapi musibah

Syuraih berkata, “ Jika aku ditimpa musibah, aku selelu memuji Allah sebanyak empat kali karena empat hal :

  1. Karena musibah itu tidak lebih berar dari yang aku kira
  2. Karena Dia memberiku kesabaran dalam menghadapai musibah
  3. Karena Ia membingbingku untuk mengucapkan istirja (inna lillahi wa inna ilaihi rajiun)
  4. Kaena Dia tidak menjadikan musibah itu merusak agamaku

Seorang mukmin akan menyadari dengan sepenuhnya bahwa musibah yang menimpanya bukan untuk menyiksa dirinya, dan apa yang dirasa sebagai derita bukan untuk menyakitinya. Yaitu, sebagaimana telah ditegaskan Allah dalam firman-Nya

Wahai manusia, apa saja yang terjadi di bumi dan pada diri kalian semuanya telah ditetapkan dalam catatan nasib seseorang di Lauhil Mahfuzh sebelum Kami menciptakan makhluk. Sungguh bagi Allah sangat mudah untuk mengetahui setiap kejadian di dunia ini. Kami beritahukan semua ini agar kalian tidak berputus asa karena gagal meraih sesuatu atau berbangga diri karena berhasil mendapatkan apa yang Allah berikan kepada kalian. Allh tidak menyukai orang-orang yang membanggakan diri lagi congkak (QS Al-Hadiid [57]22-23)

Rasulullah SAW, para nabi dan orang-orang saleh telah diuji dengan ujian yang masih lebih berat dari ujian yang kita hadapai saat ini. Walau demikian, mereka tetap bersabar dan selalu berlindung kepada Allah. Oleh karena itu, seorang mukmin harus meyakini bahwa semua pekara yang ia hadapi dalam hidup ini adalah baik. Yang demikian itu tidak akan didapatkan, kecuali oleh seorang mukmin jika ia mendapatkan kemudahan, ia bersyukur. Dan itu baik baginya. Jika ia mengalami kesulitan, ia bersabar. Dan itu baik baginya (HR Muslim)

Jiwa manusia yang sehat tidak akan merasakan ketenangan, kecuali jika Ia bersandar kepada Allah. Allah berfirman, “Yaitu orang-orang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya mengingat Allah-lah hati menjadi tentram (QS Ar-Ra’du 28)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s