Belajar dari Musa, Ibrahim dan Maryam

“JUST DO IT!”

Seperti Nabi Musa, yang tidak tau lautan akan terbelah ketika Allah perintahkan tongkatnya untuk dipukulkan, kemudian ia dan kaumnya selamat sedang Fir’aun dan pengikutnya ditenggelamkan. Pun ia tidak tau tongkatnya akan menjadi ular ketika Allah menyuruh tongkat itu ia lempar, kemudian memakan ular-ular kecil para penyihir hingga semua menjadi gempar.

Atau seperti Nabi Ibrahim, yang tidak tau Ismail akan ditukar dengan kambing kibas saat Allah perintahkan leher anaknya itu untuk ditebas.

Atau seperti Maryam, yang tidak tau buah-buahan akan berjatuhan ketika Allah perintahkan agar pohon disampingnya digoyang-goyangkan.

Seperti itulah kehidupan. Seringkali kita tidak tau apa yang Allah rencanakan. Ia hanya ingin melihat kita bekerja dan ikhtiar, lakukan perintah-Nya tanpa banyak menawar, tanpa tuntutan. Hingga Allah berikan hasil dan keputusan, yang selalu lebih baik dari apa yang kita perkirakan.

“Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) yang mengetahui akan yang ghaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan”. (At Taubah [9]: 105)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s