Asal Muasal Ide dan Rencana Serangan 11/9

Syeikh Al-Wuhaisy mencoba merunut asal mula munculnya gagasan dan rencana serangan 11/9 ke Syeikh Usamah Bin Ladin dan Khalid Syeikh Mohammed (KSM) yang di kemudian hari diketahui sebagai “penggagas” operasi prestisius tersebut.

Tetapi beliau (Al-Wuhaisy) juga menyinggung nama Dr. Abdullah Azzam sebagai tokoh yang mempopulerkan konsep “syahadah” atau mati syahid di urutan pertama “penggagas” serangan 11/9. Syeikh Abdullah Azzam Rahimahullah terbunuh pada tahun 1989, namun hingga kini masih sangat dihormati sebagai Bapak Jihadis Modern.  Setelah mujahidin berhasil mengalahkan superpower Uni Soviet di Afghanistan, kata Syeikh Al-Wuhaisy, para mujahidin mulai berfikir untuk mengalahkan Amerika. Syeikh Abdullah Azzam berpidato dengan berapi-api tentang kamp militer Barat. Syeikh Abdullah Azzam juga memperkenalkan para jihadis dengan sebuah “taktik baru”. Al-Wuhaisy merekomendasikan orang-orang supaya menyimak “kata-kata terakhir” Dr. Abdullah Azzam yang mengatakan bahwa, ”Allah memberikan hidup kepada saya untuk mengubah kalian menjadi bom.”

Setahun kemudian, pada tanggal 31 Oktober 1999, Usamah Bin Ladin menyaksikan peristiwa ketika co-pilot pesawat maskapai Egypt Air dengan nomor penerbangan 990 “menabrakkan” pesawat komersial tersebut ke samudera Atlantik yang menewaskan lebih dari 200 orang penumpangnya. Menurut Syeikh Al-Wuhaisy, Bin Ladin heran dan berfikir mengapa co-pilot itu tidak menabrakkan pesawat ke gedung saja. Setelah itu, masih menurut Syeikh Al-Wuhaisy, ide dasar serangan 11/9 telah tertanam di dalam benak Syeikh Usamah Bin Ladin.

Realitanya, kasus jatuhnya pesawat Egypt Air mulai terkuak setelah skema rencana mengenai serangan 11/9 bisa terungkap dengan jelas.  Sebagai contoh, Komisi 11/9 menemukan bahwa Khalid Syeikh Mohammed  di awal tahun 1996 telah mempresentasikan proposal operasi serangan termasuk program pelatihan pilot yang akan melakukan misi menabrakkan pesawat tersebut ke gedung-gedung di Amerika.”

Proposal ini kemudian akhirnya menjadi pedoman operasi 11/9. Pada bulan Maret atau April 1999, menurut laporan final Komisi, Bin Ladin “memanggil Khalid Syeikh Mohammed ke Kandahar…memberitahu bahwa Al-Qaidah mendukung proposalnya tersebut”, yang disebut sebagai “operasi pesawat terbang”.

Bahkan, Syeikh Al-Wuhaisy juga menceritakan bagaimana Khalid Syeikh Mohammed dan keponakannya, Ramzi Yousef, pernah merencanakan serangan terhadap beberapa pesawat terbang sekaligus pada pertengahan 1990an. Dalam rencana serangan yang disebut sebagai Bojinka-plot itu, KSM bersama Ramzi Yousef bahkan sudah berimajinasi dan merencanakan untuk meledakkan dua belas (selusin) pesawat udara. Syeikh Al-Wuhaisy mengingat kembali bagaimana Yousef meletakkan bom di dalam sebuah pesawat sebagai bagian dari uji coba. Rencana mereka akhirnya gagal, dan Yousef kemudian tertangkap di Pakistan. Ramzi Yousef dihukum 20 tahun penjara oleh pengadilan Amerika atas perannya dalam “Bojinka-plot” serta kasus pemboman  WTC 1993. Syeikh Al-Wuhaisy berdoa semoga ia segera bebas.

Syeikh Al-Wuhaisy menceritakan sebuah kisah, bahwa jika kisah itu benar, berarti Khalid Syeikh Mohammed sejak lama sudah bermimpi akan menyerang AS ketika ia masih muda. Pada saat Khalid menjadi anggota Ikhwanul Muslimin di Kuwait, beliau pernah menulis sebuah cerita/drama di mana terdapat sebuah karakter atau tokoh cerita yang sedang berfikir bagaimana menjatuhkan sebuah pesawat Amerika. Syeikh Al-Wuhaisy mengaku, beliau dan beberapa ikhwah yang lain pernah mencoba mencari cerita/drama tersebut secara online, namun tidak berhasil menemukannya.

Meski demikian, Syeikh Al-Wuhaisy begitu yakin bahwa Khalid Syeikh Mohammed pernah menulis (naskah) drama tersebut, yang mengindikasikan bahwa Khalid sudah pernah berfikir tentang cara bagaimana menyerang Amerika sejak masih muda.

Sumber: Business Insider
Penulis: Yasin Muslim


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s